Home Artikel

articel

MODEL PENINGKATAN KUALITAS SDM PENDUDUK USIA KERJA YANG UNGGUL PROFESSIONAL DAN ISLAMI

 

MODEL PENINGKATAN KUALITAS SDM PENDUDUK USIA KERJA YANG UNGGUL PROFESSIONAL DAN ISLAMI

Amiruddin Idris

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Almuslim- Aceh

A b s t r a k

Pentingnya pembangunan manusia sudah lama disadari oleh para pemimpin negeri ini, tercermin dari dituangkannya agenda pembangunan sumber daya manusia dalam UUD 1945 serta GBHN, dan kini Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Namun, di tataran praktis, kebijakan pembangunan ekonomi cenderung masih melihat penduduk yang besar sebagai beban dan bukan aset penting nasional yang bisa diberdayakan. Sebenarnya, transisi demografi yang terjadi sejak beberapa dekade terakhir membuka peluang bagi Indonesia untuk menikmati apa yang oleh PBB disebut sebagai demographic dividend pada 2020-2030. Pada saat itu, jumlah penduduk usia produktif dua kali lipat dari nonproduktif sehingga dimungkinkan bagi Indonesia untuk melakukan lompatan kesejahteraan. Selama ini kita cenderung melihat jumlah penduduk besar dari dua aspek, yakni tersedianya secara melimpah tenaga kerja murah dan potensi pasar dalam negeri yang besar. Semakin besar jumlah tenaga kerja, semakin besar jumlah tenaga produktif, sehingga semakin besar pula skala pasar domestik. Kita terlena menjadikan ini keunggulan komparatif sehingga melupakan pekerjaan rumah besarnya: membangun kualitas SDM itu sendiri. Dilihat dari profil demografi, pada 2008, dari sekitar 227 juta penduduk, sebanyak 166,6 juta memasuki usia kerja. Dengan penduduk usi kerja yang unggul, professional dan islamis kita mampu mencicipi bonus demografi, dan sekaligus menjadi bangsa yang bermartabat.

Kata Kunci: SDM, Unggul, Professional, Islamis

Share

Read more...

Peranan Teknologi Informasi di Pemerintahan Dan Pengenalan Industri Perangkat Lunak Di Kabupaten Bireuen

 

Peranan Teknologi Informasi di Pemerintahan

Dan Pengenalan Industri Perangkat Lunak

Di Kabupaten Bireuen

Oleh : Dr. H. Amiruddin Idris, SE, M.Si

Pembina Yayasan Kebangsaan Bireuen

Abstrak

Penguasaan teknologi informasi di zaman ini, sudah menjadi keharusan. Teknologi informasi menjadi tools dalam berkomunikasi dan menambah pengetahuan di zaman Globalisasi dan era informasi  ini. Lebih khusus lagi bagi institusi, termasuk juga kebutuhan memperlancar pekerjaan administrasi pelayanan di pemerintahan. Masyarakat dunia telah lama membahas dan menceritakan tentang pentingnya internet dan teknologi informasi. Internet dan teknologi informasi tersebut telah secara signifikan meng­ubah perilaku manusia dan bisnis di beberapa negara sehingga membawa peradaban manusia pada sebuah dunia baru yang diis­tilahkan sebagai "The Cyber Community". Dalam kehidupan dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Termasuk dalam E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya.

Kata Kunci : TI, Hardware, Software, IT Pemerintahan.

Share

Read more...

Keunggulan Ekonomi Islam dalam Masa Krisis

Keunggulan Ekonomi Islam dalam Masa Krisis

 

Oleh: Agus Irwanto

Dosen STIE Kebangsaan Bireuen


 

ABSTRAKS

Islam adalah agama bersifat Universal dan konprehensif. Memuat aturan-aturan yang kompleks dan sempurna sehingga tidak mengenal adanya perbedaan antara kaya dan miskin, pejabat atau rakyat jelata, namun yang menjadi ukuran adalah ketakwaan seseorang. Semua aspek yang di atur dalam Islam wajib kita jalankan. Tidak hanya masalah kegiatan spiritual, namun mu`amalah pun harus kita jalankan sesuai tuntutan syariah. Ekonomi Islam, yang merupakan bidang mu`amalah, akan dapat membawa manusia kepada kemakmuran dan keadilan. Sekian lama kita larut dalam praktek riba dan tindakan-tindakan yang tidak sesuai syariah. Sehingga krisis moneter, krisis Global, krisis Ekonomi mengguncang dunia dan sampai hari ini tidak ada solusinya. Sistem Ekonomi Kapitalis dan Sosialis, tidak dapat mengatasi masalah ekonomi yang timbul. Malah ketimpangan sosial dan ketimpangan pendapatan semakin tinggi.  Oleh karena itu, munculnya sistem ekonomi Islam, yang bersumber dari pencipta alam beserta isinya termasuk manusia. Dengan landasan nilai-nilai illahiah, ekonomi Islam akan membawa kita kepada kebahagiaan Dunia dan Akhirat

Kata Kunci :  Ekonomi Islam, Mu’amalah, Al Qur`an

 

Share

Read more...